Deviasi Positif, Paket A2 Rekontruksi dan penanganan Tanggul Jalan Cumi-cumi Masih Berlanjut
Proyek Rekonstruksi dan Penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi di Kota Palu berlanjut. Tahun 2024 ini, proyek menyasar lanjutan pemasangan Block Armor, perampungan pekerjaan retaining Wall, saluran struktur, Box Culvert, dan pengaspalan AC-BC dan AC-WC yang digarap oleh PT Bumi Karsa. Realisasi pekerjaan per 8 Januari sudah mencapai 51,118 persen.
Paket A2 Rekonstruksi dan Penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi tersebut dibawah kendali PPK 2.5 Provinsi Sulawesi Tengah, di Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) wilyah II.
Site Enginering Manager PT Bumi Karsa, A Arsyad mengaku bersukur karena pekerjaan berjalan dengan lancar, bahkan dengan deviasi yang sangat positif.
“Alhamdulillah semua berjalan lancar, progress kemajuan fisik menunjukkan deviasi yang sangat positif” kata Arsad.
Dia berharap tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan di kemudian hari, sehingga pekerjaan selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Untuk realiasi progress paket Rekonstruksi dan Penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi tersebut, kata Arsyad, sudah mencapai 51,118 persen dari rencana 51,611 persen. Dengan kata lain progress pekerjaan mengalami deviasi positif 0,494 persen.
“Kita berkontrak tahun 2022 lalu dan kini sudah masuk tahun terkahir di paket MYC ini. Kami bekerja sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Balai Jalan dan diawaai langsung oleh JICA” ucapnya.
Lebih jauh dijelaskan, item pekerjaan pada proyek A2 Rekonstruksi dan Penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi meliputi pekerjaan timbunan, pemasangan balok beton, pengaspalan, pembangunan drainase dan box culvert.
Total Panjang penanganan jalan pada proyek ini mencapai 2,4 kilometer termasuk di dalamnya pekerjaan Retailing Wall dan pembuatan 7 titik box culvert.
“Sesuai kontrak, pekerjaan akan berakhir pada Juni mendatang. Tapi mudah-mudahan jika tidak ada halangan bisa selesai tepat waktu” ujar Arsyad.
Penanganan proyek sejauh 2,4 Km yang dibiayai melalui program Infrastructure Recontruction Sector Loan (IRSL) bertujuan untuk menyediakan akses jalan menuju Jembatan Palu IV, yang sedang dalam proses pembangunan, setelan hancur oleh gempa bumi dan tsunami pada Tahun 2018 silam.
Paket A2 ini dikerjakan oleh PT Bumi Karsa bersama Konsultan Supervisi Desaign and Supervision (DSC) Oriental Consultan Global Co, Ltd in Association dengan total nilai kontrak Rp138,276.933.000 dengan sistem MYC.
Proyek ini memiliki di desain khusus dengan melakukan peninggian badan jalan atau Elevated Road sebagai tanggul untuk membentengi dari tsunami. Selain itu, Paket A2 ini juga dilaksanakan dengan system konsep ‘Build Back Better' dengan dasar untuk megurangi dampak resiko bencana terhadap tsunami.
PT Bumi Karsa pada paket ini menangani sejumlah pekerjaan berupa konstruksinya timbunan yang dibungkus blok beton armor sebagai peredam tsunami yang ditargetkan akan tuntas dikerjakan pada Juli 2024 mendatang.
Berikut ini penanganan pekerjaan paket Rekonstruksi dan Penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi sejauh 2,4 Km yang dikerjakan oleh PT Bumi Karsa.
• Pekerjaan Timbunan sejauh 2,35 Km
• Pekerjaan Retaning Wall 3,5 Meter
• Pekerjaan Pemasangan Block Armor
• Pekerjaan Box Culvert sebanyak 7 titik @15-35 meter
• Pekerjaan Saluran Struktur atau saluran beton bertulang U-Ditch tipe DS6a dan DS1a
• Aspal AC-Base dengan tebal 9,5 cm
• Aspal AC-BC dengan tebal 6 cm
• Aspal AC-WC Asb dengan tebal 4 cm